date

Mon to Fri 8 AM to 10 PM (sampai dokter selesai praktek)
Sat 8 AM to 7 PM (sampai dokter selesai praktek)

date

Call Us
(021) 6452121

Article Section

news

Bolehkah minum susu botol ketika tidur?

Salah satu kebiasaan yang paling banyak ditemukan di anak adalah minum susu botol sambil tidur. Anak terlelap dengan mengedot botol susunya. Sebenarnya apakah yang akan terjadi kalau anak sering tidur sambil minum susu botol?

 

Hal yang paling sering adalah terjadinya lubang gigi atau karies. Ketika kita tidur, kerja air liur dan kondisi mulut akan menurun dan menjadi asam. Salah satu fungsi air liur adalah "mencuci dan menjaga" gigi supaya tidak mudah berlubang. Apabila anak minum susu sambil tidur maka yang terjadi adalah peran air liur akan digantikan oleh susu tersebut. Akibatnya gigi menjadi semakin mudah rusak. Selain itu penggunaan dot dalam jangka panjang dapat membuat gigi menjadi tidak rapih. 

 

Maka dari itu sebaiknya kita mulai mengatur pemberian susu melalui botol. Ajarkan dan arahkan anak untuk minum melalui gelas atau sedotan. Selain itu sikat gigi sebelum tidur adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Yang banyak terjadi adalah anak sikat gigi dulu baru kemudian minum susu, sehingga hal ini dapat merusak gigi. Sebaiknya setelah sikat gigi tidak makan atau minum apapun selain air mineral untuk mengurangi kemungkinan rusaknya gigi.

 

Drg. Rudy Kurniawan, SpKGA

Share this article

Comment (0)

Leave Comment

FREE EBOOK!