date

Senin - Jumat 8 AM to 10 PM (sampai dokter selesai praktek)
Sabtu 8 AM to 7 PM (sampai dokter selesai praktek)

date

Call Us
(021) 6452121

Article Section

news

Aku Mau Pakai Baju Sendiri

 

Selamat! Anda perlu bersyukur kalau anak Anda mengatakan kalimat tersebut karena hal itu menunjukkan adanya keinginan anak untuk mengeksplorasi. Umumnya, anak di atas usia setahun akan mulai menunjukkan minat untuk memakai atau membuka baju sendiri. Biarkan saja ia melakukan hal itu, berikalahn kesempatan yang cukup untuk anak Anda. Kegiatan ini meliputi: mengancingkan baju, memasukkan baju melalui kepala, mengarahkan tangan ke lengan baju. Sebenarnya hal ini adalah latihan untuk mengembangkan koordinasi visual motorik anak. Kegiatan itu juga mengembangkan rasa mampu pada diri anak yang akan bermanfaat bagi kepercayaan dirinya.
Beberapa tips bagi orangtua apabila anak mulai menunjukkan minat untuk membuka atau memakai baju sendiri:
  • Berikan baju yang mudah digunakan. Untuk anak yang lebih kecil, berikan baju dengan kancing yang besar.
  • Berikan celana tanpa kancing atau resleting. Selain lebih mudah digunakan, juga menghindari anak terjepit saat menarik resleting.
  • Anak seringkali membutuhkan waktu yang lama untuk membuka atau memakai baju sendiri. Biarkan saja. Anda harus sabar menunggu. Jangan terburu-buru mengambil alih. Kegiatan tersebut adalah keterampilan, yang sejalan dengan waktu, akan semakin baik. Apabila waktu sangat mendesak, dapat juga membiarkan anak beberapa saat berusaha setelah itu baru tawarkan bantuan.
  • Apabila anak juga ingin memilih sendiri baju yang akan digunakan, berikan kesempatan itu. Meskipun baju yang dipilihnya kurang cocok, anda tidak perlu mengkritiknya. Tetap hargai pilihannya namun anda juga bisa menyampaikan pendapat/saran anda.
  • Jangan lupa untuk memberikan pujian saat anak berhasil melakukan usahanya, misalnya: “wah, adik hebat sudah bisa memasang kancing sendiri”. Perasaan mampu akan membuat anak semakin bersemangat melakukan hal lain secara mandiri.


Evita Imelda, M.Psi, Psikolog

 

Share this article

Comment (0)

Leave Comment

FREE EBOOK!