date

Senin - Jumat 8 AM to 10 PM (sampai dokter selesai praktek)
Sabtu 8 AM to 7 PM (sampai dokter selesai praktek)

date

Call Us
(021) 6452121

Article Section

news

Mimisan pada Anak

Mimisan adalah pendarahan dari lubang hidung. Mimisan seringkali membuat orang tua cemas apalagi kalau sering terjadi dan darah yang keluar cukup banyak. Mimisan paling sering disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil di bagian depan rongga hidung akibat anak sering mengorek hidung; akibat benturan yang cukup keras; pilek alergi; sinusitis.

Mimisan bisa merupakan bagian dari gejala penyakit yang lebih serius seperti demam berdarah; kelainan faktor pembekuan darah (hemofilia); tumor nasofaring; atau leukemia. Mimisan umumnya bisa ditangani sendiri di rumah dengan cara memencet rongga hidung bagian depan selama 3-5 menit, anak bernapas lewat mulut. Seringkali sesudah mimisan keluar gumpalan darah dari hidung atau lewat mulut bersama dengan dahak atau muntahan, oleh karena itu disarankan saat mimisan posisi anak duduk dengan kepala tunduk ke depan; bukan tengadah atau berbaring; supaya darah yang mengalir tidak masuk ke lambung atau ke saluran nafas.

Bila anak anda sering mimisan atau mimisan yang tidak berhenti dalam 15 menit segera bawa ke dokter untuk dicari penyebabnya dan mendapatkan pertolongan.

 

Luszy Arijanty, Sp.A

Share this article

Comment (0)

Leave Comment

FREE EBOOK!