date

Senin - Jumat 8 AM to 10 PM (sampai dokter selesai praktek)
Sabtu 8 AM to 7 PM (sampai dokter selesai praktek)

date

Call Us
(021) 6452121

Article Section

news

Si Kecil Sukses Gunting Rambut

Bisa dibayangkan ketika kita menjadi si kecil yang baru pertama kali ke salon. Banyak sekali hal baru yang akan kita hadapi; diantaranya suara bising dari mesin pemotong rambut dan pengering rambut, tampilan berbagai macam gunting dan peralatan lainnya yang “menyeramkan” bagi si kecil. Ditambah dengan suasana riuh dan berisik di salon. Belum lagi bila ditambah dengan suara tangisan anak – anak yang sedang berada di salon. Semua hal tersebut menimbulkan kecemasan bagi si kecil. Pada akhirnya anak menjadi trauma dan selalu menangis ketika diajak ke salon.

Kuncinya adalah jadikan gunting rambut pertamanya menjadi sesuatu yang menyenangkan.

 

Jadikan pengalaman gunting rambut pertama khususnya sebagai sesuatu yang terprediksi (predictable).

Tips : Ajak si kecil menonton di gadget hal – hal yang berbau aktivitas di salon (gunting rambut, cuci rambut, dll). Berikan penjelasan ringan dan menarik tentang aktivitas – aktivitas yang ditampilkan di video tersebut. Anda berperan menjadi narator dalam video tersebut.

Nah bila si kecil sudah mulai tertarik dengan aktivitas tersebut. Anda dapat mulai memperkenalkan salon yang sesungguhnya ketika Anda dan si kecil berkunjung ke mal. Lewati area – area salon (salon anak) di mal. Berikan penjelasan ringan kepada anak tentang aktivitas di salon tersebut. Sering – seringlah “berkunjung” melewati area salon anak di mal setiap kali Anda pergi ke mal. Sehingga menjadikan aktivitas di salon menjadi sesuatu yang biasa bagi si kecil.

 images from google.com

Jadikan anak terbiasa dengan aktivitas gunting rambut

Tips : Bermain potong rambut di rumah. Bermain salon – salonan di rumah dengan gunting plastik, handuk, cermin dan sisir dapat membantu anak lebih merngenal aktivitas gunting rambut.

Minta si kecil duduk di kursi dengan menghadap ke arah cermin. Tutup bahu nya dengan menggunakan handuk, seolah – olah sedang berada di salon. Anda bisa mulai melakukan aktivitas selayaknya yang dilakukan di salon dan jelaskan kepada si kecil bahwa ini yang akan dilakukan oleh orang – orang di salon.

 

Ke salon di waktu yang paling tepat bagi si kecil

Tips :

  • Buatlah janji ke salon setelah si kecil tidur siang atau makan sehingga mood lebih bagus.
  • Pilih waktu dimana salon tidak terlalu ramai sehingga membuat anak lebih tenang. Si kecil akan menjadi cemas dan menangis bila suasana salon ramai dan ada anak yang menangis di salon tersebut. Jadi pastikan Anda survei terlebih dahulu jam – jam yang dirasa tidak ramai untuk mengajak si kecil ke salon.
  • Siapkan cemilan untuk berjaga – jaga bila si kecil rewel.
  • Sebelum acara ke salon, persiapkan si kecil beberapa hari sebelumnya dengan kembali mensimulasikan aktivitas ke salon (dengan menonton video, bermain salon – salonan dll) sehingga acara ke salon menjadi lebih “predictable” bagi si kecil.

 

Dr. Andreas Kurniawan Handjojo, SpKFR

Share this article

Comment (0)

Leave Comment

FREE EBOOK!