date

Senin - Jumat 8 AM to 10 PM (sampai dokter selesai praktek)
Sabtu 8 AM to 7 PM (sampai dokter selesai praktek)

date

Call Us
(021) 6452121

Article Section

news

Bayi lahir dengan gigi. Mungkinkah?

Seorang bayi yang lahir dengan gigi memang terdengar aneh, tetapi hal itu terjadi! Keadaan ini disebut dengan gigi natal (Natal Teeth), dan terjadi di setiap 2000-3000 kelahiran. Biasanya gigi ini tidak berkembang sempurna, dan berwarnna kecoklatan atau kekuningan, karena lapisan keras gigi tidak termineralisasi secara sempurna.

Gigi normalnya tumbuh lebih dahulu pada usia 6 bulan di rahang bawah. Tetapi gigi Natal dapat tumbuh pada 30 hari pertama kelahiran. Dengan bentuk yang tajam, mungkin saja dokter akan memilih untuk membuang gigi tersebut saat bayi masih berada di Rumah Sakit, karena gigi tersebut masih lebih loose akibat akar yang belum terbentuk sempurna.

Mengapa sebaiknya gigi Natal sesegera mungkin dibuang? Karena gigi ini mungkin dapat menyebabkan beberapa masalah kecil. Bayi mungkin kesulitan dalam disusui, bisa melukai lidah, dan keadaan yang tidak nyaman untuk si ibu selama menyusui.

Bersihkan gigi tersebut setiap hari dan bawalah ke Dokter Gigi secara berkala untuk melihat kondisi dan memeriksa keadaan gusi serta lidah yang mungkin mengalami luka. Hal yang menjadi pertimbangan untuk membuang gigi tersebut adalah : Jika sering terjadi luka pada gusi, atau gigi tersebut sudah sangat goyang sehingga kemungkinan gigi tersebut lepas dan membuat anak anda tersedak.

 

drg. Joshua Calvin, Sp.KGA

Share this article

Comment (0)

Leave Comment

FREE EBOOK!