date

Mon to Sat
8 AM to 10 PM

date

Call Us
(021) 6452121

Article Section

news

Sikat dan Pasta Gigi

Penggunaan Sikat Dan Pasta Gigi Yang Tepat

Usia < 6 bulan

Memberihkan rongga mulut anak dapat dimulai sejak dini.  Ketika masih bayi dan belum tumbuh gigi, sisa susu dapat menempel pada permukaan gusi dan lidah bayi. Cara membersihkannya adalah dengan kain kassa yang dililitkan ke jari telunjuk dan dicelupkan ke air hangat (gambar 1), kemudian diusapkan ke gusi dan lidah bayi.

Gambar 1. Membersihkan gusi dan lidah dengan kain kassa

Usia 6 bulan – 2 tahun

Gigi mulai tumbuh pada usia 6 bulan. Biasakan menyikat giginya 2 kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur agar kebiasaan menyikat giginya terbentuk sejak dini. Anda dapat menggunakan sikat gigi yang terbuat dari karet yang penggunaannya dimasukkan ke dalam jari telunjuk orang tua (gambar 2), sebelum diaplikasikan pada gigi anak. Bila gigi anak sudah semakin bertambah jumlahnya, disarankan untuk menggunakan sikat gigi yang ber-gagang dengan ujung kepala sikat yang kecil dan bulu yang halus (gambar 3).  Pasta gigi sebaiknya digunakan bila anak sudah bisa berkumur. Beberapa pasta gigi memang diperbolehkan untuk tertelan, tetapi akan lebih baik hindari menelan pasta gigi.

Ketika anak mencapai usia kira – kira 2 tahun dan sudah bisa berkumur, anda boleh menggunakan pasta gigi. Jumlahnya cukup sebesar butir kacang hijau. Terkadang pada usia 2 tahun ini, anak – anak sudah mencoba – coba memegang sikat gigi dan menyikat giginya sendiri, tetapi kontrol untuk menyikat gigi sepenuhnya berada di tangan orang tua.

Gambar 2. Sikat gigi karet berbentuk jari

Gambar 3. Sikat gigi untuk anak 3 tahun kebawah

 

Usia 3 tahun keatas

Anak boleh diajarkan cara menyikat gigi jika usianya kira- kira 3 tahun. Pada saat ini, semua giginya telah tumbuh  sebanyak 20 buah. Biasakan menyikat gigi di depan cermin agar anak dapat melihat apakah sudah bersih atau belum. Jika anak telah menyikat giginya, pastikan orang tua mengulangi menyikat gigi atau memeriksa ulang apakah sudah bersih atau belum.  Hal ini akan berlangsung sampai anak sudah bisa menyikat gigi serta lidahnya secara bersih, biasanya sekitar umur 5-6 tahun apabila kebiasaan menyikat gigi sudah berlangsung sejak dini. Semakin bertambahnya umur anak, gunakan sikat gigi anak – anak yang dijual bebas di pasaran atau ada pula yang sesuai tahapan usianya (gambar 4). Di tahap ini gunakan pasta gigi sebesar butir kacang tanah.

 

Share this article

Comment (0)

Leave Comment

FREE EBOOK!