date

Mon to Sat
8 AM to 10 PM

date

Call Us
(021) 6452121

Article Section

news

10 tips menghadapi anak dengan picky eater

Pemberian nutrisi pada anak tidak harus membuat orangtua frustasi, untuk itu strategi dibawah ini dapat dipertimbangkan untuk membantu orangtua agar anak dengan picky eater tetap mendapatkan diet yang seimbang.

 susah makan

  1. Hormati nafsu makan anak anda

Bila anak anda tidak lapar, jangan paksa untuk makan atau diberikan cemilan. Sebaliknya, jangan paksa untuk habiskan makanan yang ada di piringnya dan jangan menawarkan hadiah bila menghabiskan makanannya. Hal ini akan memicu atau meningkatkan rasa cemas yang berhubungan dengan makanan saat besar (makan menjadi pelarian bila marah atau depresi) dan anak menjadi kurang sensitif dengan tanda rasa lapar dan kenyang dari tubuh anak.

Berikan makanan porsi kecil dan berikan kesempatan makan sendiri dan tawarkan untuk tambah porsinya.

 

  1. Pertahankan rutinitas

Siapkan makanan dan cemilan di jam yang sama setiap harinya. Anda dapat memberikan susu atau jus buah segar, namun jangan lupa berikan air putih diantara waktu makan dan cemilan. Terlalu banyak jus buah dan susu akan menurunkan selera makan anak anda untuk makanan utama.

 

  1. Sabarlah saat mengenalkan makanan baru

Anak balita seringkali hanya menyentuh atau mencium bau dari makanan yang baru dikenal dan mungkin hanya menggigit sedikit dan saat dimasukkan ke dalam mulut langsung dimuntahkan. Hal ini normal, anak anda perlu dikenalkan berulang-ulang (kadang sampai 15 kali), baru anak mau menelan makanan baru tersebut.

Berikan pengertian bahwa makanan yang baru itu bukan hanya enak tapi jelaskan juga mengenai warna, bentuk, aroma dan teksturnya. Sediakan makanan baru bersamaan dengan makanan favorit anak lainnya.

 

  1. Ciptakan suasana gembira

Sediakan brokoli dan sayuran lain dengan saus favorit anak, seperti saus keju atau mayonais. Bentuk makanan dengan cetakan kukis. Tawarkan menu sarapan pagi untuk makan malam. Sediakan berbagai makanan dengan warna-warna yang berbeda agar menarik.

 

  1. Beri kesempatan anak menjadi asisten anda dalam menyiapkan makanan

Di supermaket, ajak anak anda untuk memilih buah, sayuran dan makanan sehat lainnya. Jangan beli apapun yang anda tidak inginkan anak anda makan. Di rumah, ajak anak anda untuk membantu membersihkan sayur atau mengoles makanan atau menyiapkan meja.

 

  1. Jadilah contoh yang baik

 Jika orangtua makan makanan sehat yang bervariasi, maka kemungkinan besar anak anda juga akan mengikuti.

 

  1. Tingkatkan kreativitas

Tambahkan potongan kecil brokoli atau paprika hijau kedalam saus spageti, potongan buah diatas cereal, atau wortel parut didalam sup. Cobalah menyampurkan berbagai jenis makanan ke dalam makanan favorit anak.

 

  1. Kurangi hal yang mengganggu konsentrasi makan

Matikan televisi dan barang elektronik lain saat makan. Hal ini akan membantu anak untuk fokus dan konsentrasi dengan makanan. Jangan lupa bahwa iklan-iklan makanan juga akan meningkatkan keinginan anak untuk mencoba makanan terutama makanan manis atau makanan yang kurang sehat.

 

  1. Jangan tawarkan makanan sebagai hadiah

Menahan makanan penutup (desert) atau menawarkan dessert sebagai hadiah akan membuat keinginan anak untuk makan yang manis-manis lebih besar. Sebaiknya anda memilih satu atau dua malam dalam seminggu sebagai malam khusus dessert dan hari-hari sisanya tanpa dessert atau mengganti dessert dengan buah, yogurt atau makanan sehat lain.

 

  1. Jangan jadi juru masak dadakan

Menyiapkan/memasakkan makanan lain setelah anak anda menolak makanan yang sudah disediakan akan membuat anak semakin menjadi picky eater. Bujuk anak anda agar tetap duduk bersama di meja makan saat jam makan walaupun mereka tidak mau makan. Tetap siapkan makanan sehat untuk anak anda sampai terbiasa dan akhirnya mau makan bersama.

 

Bila orangtua merasa keadaan picky eater sudah mengganggu tumbuh kembang anak, sebaiknya bawa anak anda untuk konsultasi dengan dokter anak. Buat catatan kecil mengenai jenis makanan apa saja yang dimakan sehari-hari agar dokter anak anda dapat mencarikan jalan keluar.

Ingatlah bahwa kebiasaan makan tidak dapat diubah dalam satu malam, untuk itu setiap contoh yang orangtua berikan setiap harinya akan membantu anak untuk menjalani makan sehat seumur hidupnya.

Share this article

Comment (0)

Leave Comment

FREE EBOOK!